Cara Membuat Wildcard Subdomain

Cara Membuat Wildcard Subdomain

Wildcard subdomain dapat digunakan ketika anda ingin mengarahkan subdomain ke folder tertentu/ ip tertentu. Adapun langkah- langkahnya yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting.

2. Memilih Menu Subdomain

Kemudian, anda akan diarahkan ke dashboard cPanel DomaiNesia. Pada kolom pencarian, silahkan tulis “subdomain”. Lalu klik menu Subdomains tersebut.

3. Membuat Subdomain

Agar subdomain WordPress dan Hosting sinkron, maka anda harus membuat subdomain dengan nama subdomain *. Silahkan isi sesuai dengan gambar dibawah ini. Untuk Document Root silahkan isi public_html/. Kemudian klik Create.

4. Memilih Zone Editor

Lalu, silahkan klik back dan kembali ke dashboard cPanel DomaiNesia. Pada kolom pencarian, silahkan tulis “advanced”. Lalu klik menu Zone Editor tersebut.

5. Mengubah DNS Record

Pastikan subdomain yang telah dibuat dan domain utama memiliki IP Address yang sama. Apabila belum, sesuaikan IP Address subdomain terlebih dahulu dengan klik Edit. Dan pastikan tipe record yang digunakan merupakan A Record. Silahkan tunggu 1×24 jam hingga masa propagasi domain selesai. Voila! Wildcard Subdomain telah berhasil dilakukan.

Closing

Agar subdomain, website WordPress dan Hosting sinkron, maka anda harus membuat Wildcard Subdomain terlebih dahulu.